Gubernur Sumbar Perpanjang Jabatan Pj Bupati Mentawai

Penjabat (Pj) Bupati Kepulauan Mentawai, Fernando Jongguran Simanjuntak
 



Padang, , Editor   -27 Mei 2024 - Gubernur Sumatra Barat, Mahyeldi Ansharullah, menyerahkan Surat Keputusan (SK) perpanjangan masa jabatan Penjabat (Pj) Bupati Kepulauan Mentawai, Fernando Jongguran Simanjuntak, yang diberikan oleh Menteri Dalam Negeri. Acara ini berlangsung di auditorium Gubernuran Sumbar. Selain penyerahan SK, Gubernur juga melantik Pj Walikota Payakumbuh, Suprayitno, menggantikan Jasman Rizal.

Dalam sambutannya, Mahyeldi menekankan pentingnya kepala daerah untuk memanfaatkan fasilitas yang diberikan negara demi kepentingan masyarakat, bukan pribadi atau kelompok tertentu. Ia mengharapkan keberlanjutan dalam pengelolaan pemerintahan yang baik dan bersih, serta menjaga keharmonisan dalam memimpin.

Gubernur juga mengingatkan para kepala daerah untuk menjalin komunikasi dan koordinasi dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah pusat, provinsi, dan swasta, demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat. "Kepala daerah wajib menyukseskan program pemerintah seperti pengentasan kemiskinan dan peningkatan taraf hidup masyarakat," tegas Mahyeldi.

Mahyeldi mengingatkan pentingnya mitigasi dampak fenomena super el nino, yang berpotensi menyebabkan bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor. "Kita perlu menyikapi fakta ini secara serius dan mempersiapkan langkah mitigasi sejak dini," ujarnya.

Reformasi penyederhanaan prosedur dan tata kelola, khususnya dalam pelayanan perizinan bagi investor, juga menjadi sorotan. Menurut Mahyeldi, investasi sangat berpengaruh pada ekonomi lokal dan nasional, sehingga perlu ada langkah konkret untuk meningkatkan kemudahan perizinan melalui transparansi dan digitalisasi pelayanan.

Gubernur juga meminta aparatur sipil negara untuk menjaga netralitas dan mendukung penyelenggaraan pemilu yang kondusif. Ia menekankan pentingnya komunikasi yang baik dengan DPRD, Forkopimda, dan tokoh masyarakat untuk menyelesaikan potensi masalah.

Khusus untuk Mentawai, Mahyeldi berpesan agar pemerintah daerah serius dalam pengelolaan dan perizinan wisata. Menurutnya, wisatawan yang datang ke Kepulauan Mentawai harus merasa aman dan nyaman. "Mentawai merupakan destinasi wisata unggulan kita. Pemerintah perlu menyediakan peraturan khusus untuk peningkatan wisata di Mentawai," pungkasnya.

Fernando Jongguran Simanjuntak, selain menjabat sebagai Pj Bupati, juga merupakan Kepala Balai Besar Perikanan Budi Daya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Ia telah menjabat sebagai bupati sejak 24 Mei 2023.



**  Afridon


Posting Komentar

0 Komentar