Menjadi Wartawan Hebat , Harus Pemilihan Sudut Pandang Yang Berbeda

Penyerahan plakat oleh Ketua Umum SKK Ganto, Ermiati Harahap (kiri) kepada Yurnaldi (kanan) pada acara Trening Dasar Organisasi yang diselenggarakan oleh SKK 

Padang, Editor -  Ada beberapa poin yang harus diperhatikan oleh seorang wartawan agar bisa menjadi wartawan hebat, yaitu perencanaan, penguasaan bahasa, dan pemilihan sudut pandang.

Hal tersebut diungkapkan Yurnaldi saat menjadi pemateri pada acara Pelatihan Keterampilan Jurnalistik Tingkat Dasar (PKJTD) Surat Kabar Kampus GantoUniversitas Negeri Padang (UNP) di Gedung Mata Kuliah Umum A, Selasa ( 1/2/2022 ).

Dalam perencanaan, kata Yurnaldi, wartawan harus memiliki gambaran berita yang ditulis. Saat melakukan wawancara, wartawan hanya menanyakan atau mencatat poin-poin penting. Tujuannya, wartawan tidak lupa dengan data yang dibutuhkan saat menulis berita.

Yurnaldi menambahkan bahwa, selain perencanaan, wartawan juga harus menguasai bahasa. Jika bahasa dalam penulisan rancu atau sembarangan, pembaca akan bosan membaca tulisan tersebut.

"Penguasaan bahasa diperlukan agar berita tidak bertele-tele," kata pria yang sudah 31 tahun menggeluti dunia jurnalistik ini.

Lebih lanjut, mantan wartawan senior Kompas ini juga mengatakan, dalam menulis berita, wartawan harus mahir dalam memilih sudut pandang atauangle. Angletersebut membedakan berita yang satu dengan berita lainnya meskipun peristiwanya sama.

"Seorang penulis kalau sudah terbiasa menuliskanangledengan baik, maka idenya dalam penulisan sangat menarik," ucapnya.

Seorang peserta, Yolanda Septia Putri, mengungkapkan bahwa penjelasan dari Yurnaldi tersebut sangat berguna karena bisa menambah wawasannya tentang dunia jurnalistik. "Hal ini tentu bisa diterapkan ketika saya bergabung diGantonanti," tuturnya.


** Afridon

Posting Komentar

0 Komentar