Ginjal dan Fungsi Bagi Tubuh





 Editor   -  Apakah kamu tahu bagaimana air kencing atau urin dibentuk di dalam tubuh? Saat kamu merasakan rangsangan untuk buang air kecil, biasanya bagian bawah perutmu akan memberikan rangsangan. Di dalam tubuhmu, ada organ yang bernama kandung kemih. Nah, kandung kemih adalah organ untuk menampung urin. Lalu, darimanakah asal urin itu?

Jawabannya, yaitu organ ginjal. Apa itu ginjal? Ginjal adalah sepasang organ tubuh yang terletak di bawah tulang rusuk bagian belakang dan dekat bagian tengah punggung pada kedua sisi tulang belakang. Dua ginjal pada manusia terletak di kiri dan kanan. Ginjal berbentuk seperti kacang merah. Ukuran dari organ ini berkisar 10-12 sentimeter atau sebesar kepalan tangan.

Nilai penting dari ginjal bagi kehidupan manusia karena memiliki ragam fungsinya untuk kelangsungan hidup seseorang, seperti menyaring darah dan menyekresi atau membuang cairan dari tubuh. Berikut beberapa fungsi lain dari ginjal yang dilansir dari laman Merdeka.com.

Poduksi Urin


Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ dalam sistem ekskresi yang berfungsi untuk membuang zat sisa dalam tubuh dalam bentuk urin. Kandungan urin terdiri dari air, urea, dan amonia, berisi zat dan senyawa buangan yang sudah tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh.

Jika dalam urin ditemukan gula dan beberapa zat lain, seperti darah, hal tersebut mengindikasikan adanya masalah pada saluran ekskresi, khususnya pada ginjal. Untuk menjaga kelancaran sekresi cairan, kamu harus menjaga kesehatan ginjal dengan cara berolahraga yang cukup dan rutin serta memperbanyak minum air putih.

Mengontrol Tekanan Darah

Ginjal adalah penghasil dari hormon renin dan angiotensin. Kedua hormon ini berfungsi dalam pengaturan tingkat keregangan dan kontraksi pembuluh darah dalam tubuh. Renin adalah hormon yang berfungsi dalam kontrol aktivasi hormon angiotensin. Sedangkan, hormon angiostensin akan merangsang kelenjar adrenalin dalam menghasilkan aldosteron. Renin dibutuhkan ketika terjadi penurunan tekanan darah atau penurunan konsentrasi NaCl dalam tubulus ginjal.

Menjaga Konsentrasi dan Jumlah Air dalam Tubuh

Ada anggapan dari kebanyakan orang bahwa semakin banyak air terkandung di dalam tubuh maka akan semakin baik. Namun kenyataannya hal tersebut tidak benar. Jumlah air yang terlalu tinggi justru dapat memengarui konsentrasi darah. Oleh karena itu, ginjal berfungsi dalam menjalankan fungsi osmoregulasi, yakni membuang kelebihan air dan mengeluarkannya dalam bentuk urin.


** Afridon

Posting Komentar

0 Komentar