Widya Navies Pimpin PWI Sumbar, Zul Effendi Sebagai Ketua DKP

Widya Navies dari Harian Singgalang resmi terpilih sebagai Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Barat periode 2024-2029


Padang, Editor – Widya Navies dari Harian Singgalang resmi terpilih sebagai Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Barat periode 2024-2029. Zul Effendi juga terpilih sebagai Ketua Dewan Kehormatan Provinsi (DKP) PWI Sumbar dalam Konferensi Luar Biasa (KLB) yang diadakan di aula Kantor Gubernur Sumatera Barat pada Rabu, 22 Mei 2024.


Widya Navies sebelumnya menjabat sebagai Pelaksana Tugas (PLT) Ketua PWI Sumatera Barat, menggantikan Basril Basyar yang diberhentikan oleh PWI Pusat. Basril diberhentikan karena masih berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) saat terpilih beberapa bulan lalu, meskipun sempat dilantik


Konferensi Luar Biasa PWI Sumatera Barat dihadiri oleh 300 Daftar Pemilih Tetap (DPT), dengan hasil perolehan suara sebagai berikut:


Widya Navies: 174 suara


Heranof: 102 suara


Adrian T : 5 suara


Almudazir: 3 suara


Untuk pemilihan Ketua DKP PWI Sumbar, hasilnya adalah:


Zul Effendi: 174 suara


Eko Yance: 110 suara


Gubernur Sumatera Barat, H. Mahyeldi, dalam sambutannya mengatakan bahwa wartawan Indonesia memiliki peran penting sebagai pembela negara dari berbagai ancaman luar. 


Ketua PWI Pusat yang diwakili oleh Ketua Organisasi Zul Sumedang, menjelaskan alasan diadakannya konferensi ini, meskipun konferensi sebelumnya baru berlangsung satu setengah tahun lalu. Menurut Zul Sumedang, 


Basril Basyar harus diberhentikan karena AD/ART PWI tidak mengizinkan PNS untuk menjadi ketua.


Basril Basyar, yang istimewa karena pernah terpilih sebagai Ketua PWI Sumbar untuk tiga periode, sementara AD/ART hanya mengizinkan maksimal dua periode, kini harus mengakhiri jabatannya lebih awal.


Widya Navies menyatakan bahwa KLB kali ini sangat luar biasa, karena biasanya konferensi diadakan setiap lima tahun sekali, namun kali ini diadakan kembali kurang dari satu setengah tahun setelah konferensi terakhir.



**  Afridon



Posting Komentar

0 Komentar