Gubernur Mahyeldi Buka KLB PWI Sumbar, 300 Suara Tentukan Ketua Baru

Gubernur Provinsi Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah membuka secara resmi Konferensi Luar Biasa (KLB) PWI Sumatera Barat, Rabu, 22 Mei 2024


Padang, Editor – Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, secara resmi membuka Konferensi Luar Biasa (KLB) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Barat pada Rabu, 22 Mei 2024. Dalam acara tersebut, Gubernur Mahyeldi didampingi oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Sumbar, Siti Aisyah.


Gubernur Mahyeldi menyampaikan pentingnya peran wartawan dalam demokrasi dan berharap agar KLB ini berjalan lancar. “Sebagaimana organisasi lain yang ada di Sumbar, saya berharap PWI tetap menjaga kekompakan dan kesolidan,” ujarnya.


Ketua Panitia Pelaksana KLB, Sawair Pribadi, menjelaskan bahwa acara ini diselenggarakan sesuai arahan dan instruksi dari PWI Pusat. “PWI Pusat juga sudah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dengan jumlah 300 pemilih yang memiliki hak suara dalam KLB ini,” kata Sawair.


Dari tujuh bakal calon Ketua PWI dan DKP Sumbar yang diusulkan, enam orang disetujui oleh PWI Pusat. “Satu orang dinyatakan belum lolos verifikasi. Dari enam calon tersebut, lima untuk calon Ketua PWI Sumbar dan dua untuk calon Ketua DKP,” tambahnya.


Sawair juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan semua pihak yang mendukung terlaksananya KLB ini, termasuk Dinaskominfotik Sumbar, Biro Adpim, dan Biro Umum Setdaprov Sumbar, serta panitia yang bekerja keras mempersiapkan acara.


Plt Ketua PWI Sumbar, Widya Navis, menyatakan bahwa meski seharusnya konferensi ini dilaksanakan setiap lima tahun sekali, kali ini diadakan lebih cepat. “Belum cukup lima tahun, kita kembali bertemu di tempat yang sama untuk melaksanakan KLB,” ungkapnya.


Ketua PWI Pusat yang diwakili Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat, Zulmansyah Sakedang, menegaskan bahwa konferensi ini adalah amanat dari PDPRT. Ia juga menyampaikan bahwa ASN dilarang menjadi anggota PWI sesuai aturan baru, dan anggota PWI yang berstatus ASN paling banyak berada di Sumatera Barat.


“Ini akan ditertibkan. Selain itu, semua wartawan lanjut usia juga diharuskan ikut Uji Kompetensi Wartawan (UKW). PWI akan melaksanakan UKW bagi wartawan lanjut usia dengan ujian gratis,” jelas Zulmansyah.


Menjelang Pilkada 2024, Zulmansyah menginformasikan bahwa Mendagri telah mengeluarkan surat edaran untuk kepala daerah agar bekerja sama dengan PWI dalam membantu sosialisasi Pilkada yang bermartabat.



** Afridon


Posting Komentar

0 Komentar