6 Segmen Gempa Darat di Sumatera Barat, Berpotensi Menghasilkan Gempa Besar, Berikut Daftarnya

 


Segmen Sumpur memiliki panjang 35 km, memiliki tipe patahan strike slip, yakni patahan yang pergerakan relatifnya berarah horisontal mengikuti arah patahan. Potensi gempa di patahan ini berkekuatan 6,9 M.

Jika gempa tersebut terjadi wilayah yang paling terdampak antara lain, Kabupaten Pasaman, dengan skala Mercalli (MMI) VI-VII, dampak kerusakan sedang dengan skala dampak 5.

Kemudian ada wilayah Kabupaten Agam, Kabupaten Limapuluh Kota, dan Kabupaten Pasaman Barat akan terdampak dengan Skala MMI V-VI, dampak kerusakan ringan dengan skala dampak 4.

Selanjutnya, Kota Bukittinggi, Kota Payakumbuh, Kota Padangpanjang, dan Pariaman akan terdampak dengan Skala MMI IV-V, dampak berpotensi kerusakan ringan dengan skala dampak 3.

Sesar Sumatera Segmen Sianok

Segmen Sianok memiliki panjang 90 km, tipe patahan strike slip, dan magnitudo maksimal gempa yang dihasilkan bisa mencapai 7,4

Beberapa wilayah yang akan terdampak jika gempa tersebut terjadi antara lain, Kota Bukittinggi dan Agam akan menjadi wilayah yang paling terdampak, dengan skala MMI VII-VIII, dampak kerusakan sedang berpotensi kerusakan berat dengan skala dampak 6.

Kemudian, Kota Padangpanjang akan terdampak dengan skala MMI VI-VII, dampak kerusakan sedang dengan skala dampak 5.

Selanjutnya, Tanah Datar, 50 Kota, dan Payakumbuh akan terdampak dengan skala MMI V-VI, dampak kerusakan ringan dengan skala dampak 4.

Adapun Padaman dan Pasaman Barat akan terdampak dengan skala MMI IV-V, dampak berpotensi kerusakan ringan dengan skala dampak 3.


** Afridon



Posting Komentar

0 Komentar