UPT - BPPP Kota Pariaman Mulai Budidaya Bawang Merah , Meningkat Ekonomi

 

Balai Pelaksana  Penyuluhan Pertanian  Kota Pariaman    UPT-    BPPP


Pariaman, Editor  -  Kepala   UPT  Pelaksana  Penyuluhan Pertanian  Kota Pariaman  Mulyadi  Dt Skb , Sapaan  sehari harinya  Datuk   yang di dampingi  kepala Tata Usaha  Bahagia ,dan Koordinator  Penyuluh kecamatan Pariaman Selatan Mulyadi,S,PKP   di temui Media Editor  jalan baru Pasar hilalang Desa taluk Kecamatan Pariaman selatan kota pariman Sumatera  Barat   Senin ( 11/10/2021 ) Pukul 13  15  Wib 


Kepala   UPT  Pelaksana  Penyuluhan Pertanian  Kota Pariaman  Mulyadi  Mengatakan yakin  prospek usaha bawang merah sangat bagus  ,  merupakan kebutuhan utama masyarakat  kota Pariaman  bisa meningkat Ekonomi Petani  Masa Pandemi Covid -19 , karena terutama dalam membuat dan membumbui sebuah masakan, tanpa bawang pasti rasa sebuah penganan akan terasa tidak sedap

.

'' Petani  Mandiri Bawang Merah  kota Pariaman sudah 20  petani  yang tersebar wilayah kota Pariaman  menanam Bawang merah   ,berwirausaha ingin mengajak anda mengulas mengenai peluang usaha budidaya bawang merah yang menguntungkan ini, apa manfat dan kandungan gizinya, kenapa usaha ini layak dikerjakan hingga kisah sukses seorang petani bawang merah  .'' Ungkap Mulyadi


Kepala   UPT  Pelaksana  Penyuluhan Pertanian  Kota Pariaman  Mulyadi Bersama ,Tata Usaha  Bahagia 


Peluang Usaha Budidaya Bawang Merah Menguntungkan

Bawang merah ternyata bisa hidup wilayah kota Pariaman  yaitu merupakan tanaman yang banyak dimanfaatkan sebagai penguat rasa/bumbu masakan. selama ini  bisanya  tumbuh didaerah  kabupaten Solok dan solok Selatan , Berkat keyakinan  kepala UPT Pelaksana Penyuluhan Pertanian Kota Pariaman  Mulyadi bersama Penyuluh Pertanian yang tersebar 44  orang tenaga Penyuluh yang tersebar kota pariaman saat sudah ada petani Mandiri bawang Merah.

 Bawang Merah  Selain untuk bumbu masak, tamanan ini juga dapat dimakan mentah, juga diguakan sebagai obat tradisional, kulit umbinya dapat dijadikan zat pewarna dan daunnya dapat digunakan sebagai penyedap rasa.

Manfaat Bawang Merah

bawang merah cukup dikenal didunia medis dan pengobatan karena mampu memerangi kanker dan berbagai penyakit berbahaya. Karena merupakan salah satu sumber antioksidan yang ampuh untuk memerangi radikal bebas didalam tubuh, berikut manfaat lain bawang merah bagi kesehatan :

Kandungan Gizi Pada Bawang Merah

Didalam sebuah bawang merah terdapat sekali zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh seperti : kalori, karbohidrat, lemak, kolesterol, serat, gula, protein, vitamin C, vitamin B-6, kalsium, zat besi, asam folat, magnesium, fosfor, kalium antioksidan quercetin dan juga sulfur.

Dan memang budidaya bawang merah tidak selalu untung, karena terkadang harga jual bawang dari petani ke pengepul anjlok sampai harga dibawah sepuluh ribu rupiah, penyebab lain kerugian adalah hasil panen yang kurang memuaskan.



Bagaimana Cara Memulai Usaha Budidaya Bawang Merah

Cara Budidaya Bawang Merah Menguntungkan 

1. Persiapan Lahan Budidaya

Sebelum memulai usaha budidaya bawang merah setidaknya harus menyiapkan dengan cara :

Dilakukan pembajakan, pemupukan, pengairan, membangun sarana pertanian dan persiapan lahan selama 1 musim tanam. Karena merupakan tanaman yang memiliki akar serabut hingga 30-40cm, sebelum masuk masa penanaman sebaiknya tanah digemburkan terlebih dahulu. .

Tamanam bawang merah juga cukup unik, dimana posisi tanaman harus dekat dengan air tapi juga harus tetap kering atau berjauhan dengan air.

2. Penanaman

Penanaman baiknya dilakukan setelah lahan siap dan setelah hujan karena akan memudahkan tanah yang akan dijadikan sebagai lahan budidayaperhatikan tips dalam menanam bawang merah sebagai berikut ini :

Perhatikan jarak perpohon jangan terlalu jauh dan jangan pula terlalu dekat.

Perhatikan mata menghadap keatas (jangan terbalik).

Jangan menguruk/menutup lubang tanam terlalu keras karena akan mengulitkan tanaman tumbuh.

Hindari musim hujan panjang karena akan menyebabkan bibit busuk jika sering terendam air.

Ciri tanaman bawang yang sehat bisa dilihat secara kasat mata pada bagian daunnya, ketika daun tumbuh tinggi subur dan menghijau itu merupakan pertanda jika tanaman tersebut sehat dan tengah mengandung bawang yang gemuk pula.

3. Panen

bawang merah sudah bisa dipanen usia 3 bulan sampai 70 hari. Semakin lama waktu penanaman maka semakin baik kualitas bawang. “Petani biasanya memanen di usia 3 bulan karena rentan terserang hama

Tapi biasanya pada tanaman bawang merah semakin lama ditanam juga semakin beresiko karena cukup banyak hama dan penyakit yang mungkin menjangkiti, untuk mencegah hal ini pemanenan dilakukan lebih cepat namun jika hamamasih bisa diatasi sesuai standar maka tak menutup kemungkinan bawang akan selamat hingga jadwal panen semestinya tiba.

Memasuki musim hujan harga bawang merah sedang berada diposisi terbaik, karena harga bawang bisa berada di angka 12 sampai 15 ribu.

Panen raya bawang merah biasanya terjadi pada bulan 8 dimana pada saat itu harga bawang bisa anjlok di angka Rp 10 ribu perkilo.

4  Pemasaran.

Anda bisa menggunakan beberapa sistem penjualan dan pemasaran sesuai dengan keahlian anda, anda bisa menjual bawang merah langsung ke pasar tradisional secara konvensional.

 Atau jika dirasa mungkin anda juga bisa pemasarannya via online, karena akan lebih menguntungkan karena memerlukan modal lebih kecil dan dapat menghemat tenaga.


** Afridon



Posting Komentar

0 Komentar