Dharmasraya dan Solok Selatan Berebut Jadi Sirip Tol Riau

khususnya sirip Tol Pekanbaru-Rengat. Kabupaten Dharmasraya dan Kabupaten Solok Selatan adalah dua wilayah yang bersedia dan antusias untuk menjadi penghubung utama dalam jaringan tol tersebut



Sumbar, Editor – Dua kabupaten di Sumatera Barat (Sumbar) berlomba untuk wilayahnya menjadi bagian dari sirip jalan Tol Riau, khususnya sirip Tol Pekanbaru-Rengat. Kabupaten Dharmasraya dan Kabupaten Solok Selatan adalah dua wilayah yang bersedia dan antusias untuk menjadi penghubung utama dalam jaringan tol tersebut.

Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, telah secara resmi mengirim surat kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait keinginan ini. Dalam surat tersebut, ia meminta pemerintah pusat untuk membangun feeder tol atau sirip jalan tol dari Dharmasraya hingga ke Rengat, Provinsi Riau.

Mengutip situs resmi ppid.dharmasrayakab.go.id, Bupati Dharmasraya menyatakan bahwa usulan ini telah mendapat respon positif dari Menteri PUPR, M. Basuki Hadimuljono. Dalam surat balasannya, Menteri PUPR menyarankan agar Pemerintah Kabupaten Dharmasraya segera merevisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan memasukkan rencana pembangunan sirip tol ini ke dalamnya.

Tol Dharmasraya ini nantinya akan melewati beberapa kabupaten di Provinsi Riau, termasuk Kuantan Singingi dan Indragiri Hilir, dengan panjang diperkirakan mencapai 100 kilometer dari Dharmasraya hingga ke Tol Rengat. Dengan adanya tol ini, masyarakat Dharmasraya dapat lebih mudah melanjutkan perjalanan ke berbagai daerah seperti Medan, Jambi, Lampung, hingga Pulau Jawa.

“Jika ini terwujud, maka warga Dharmasraya bisa berangkat ke Jakarta hanya dalam waktu 24 jam,” ujar Bupati Sutan Riska.

Selain mendapat lampu hijau dari Menteri PUPR, Pemkab Dharmasraya juga telah berkomunikasi dengan Bupati Kuantan Singingi dan Bupati Indragiri Hilir di Provinsi Riau. Bahkan, Gubernur Riau dan Gubernur Sumatera Barat telah membahas rencana ini dalam sebuah pertemuan di Padang beberapa waktu lalu.

Bupati Sutan Riska menegaskan bahwa jika proyek ini terealisasi, tiga provinsi yaitu Sumbar, Riau, dan Jambi akan merasakan dampak positifnya. Tol Dharmasraya ini akan menguntungkan banyak kabupaten di tiga provinsi tersebut, termasuk Dharmasraya, Sijunjung, Sawahlunto, Solok, dan Solok Selatan di Sumbar; Kuantan Singingi dan Indragiri Hilir di Riau; serta Muaro Bungo, Kerinci, dan Sungai Penuh di Provinsi Jambi




**Afridon

Posting Komentar

0 Komentar