Hujan Lebat dan Demokrasi: Widya Navies Pimpin PWI Sumbar

Di tengah kehadiran para wartawan, Zulmansyah Sekedang, Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat, menyempatkan diri mengenang masa lalu. "Saya sumando Sungai Geringging,


Padang, Editor—Dalam suasana penuh haru di bawah derasnya hujan, Konferensi Luar Biasa (KLB) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Barat menghasilkan pemimpin baru. Widya Navies, Wakil Pemimpin Redaksi Harian Singgalang, terpilih sebagai Ketua PWI Sumbar periode 2024-2028. Momen ini sekaligus menjadi sejarah baru dalam perjalanan PWI di Sumbar.


Pertemuan dan Kenangan Zulmansyah Sekedang


Di tengah kehadiran para wartawan, Zulmansyah Sekedang, Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat, menyempatkan diri mengenang masa lalu. "Saya sumando Sungai Geringging," ujarnya sambil tertawa ketika bertemu seorang wartawan yang pernah menulis tentang dirinya. Kenangan manisnya tentang tulisan "Ketika Gelas Menggoyang Sendok" membawanya kembali ke masa muda ketika bertemu gadis Piaman yang kini menjadi istrinya.


KLB Sumbar: PNS Tidak Dibenarkan Jadi Anggota PWI


KLB yang dibuka secara resmi oleh Gubernur Mahyeldi ini digelar akibat banyaknya anggota PWI yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS), sesuatu yang tidak diperbolehkan oleh organisasi. Menurut Zulmansyah Sekedang, dari seluruh Indonesia, Sumbar paling banyak PNS yang harus dikeluarkan dari PWI. "Ada 26 anggota PWI yang berprofesi sebagai PNS sudah dikeluarkan dari keanggotaan PWI," ungkapnya.


Kemenangan Widya Navies dan Zul Efendi


Dalam pemilihan yang berlangsung lancar dan tanpa kegaduhan, Widya Navies berhasil meraih 174 suara, mengalahkan Heranof Firdaus yang mendapat 102 suara serta dua calon lainnya. Sementara itu, Zul Efendi dari Harian Haluan terpilih sebagai Ketua Dewan Kehormatan Provinsi (DKP) PWI Sumbar, mengungguli Eko Yance Edrie.


Misi dan Visi Para Calon


Semua calon dalam pidato singkatnya menekankan pentingnya kebersamaan dan peningkatan sumber daya manusia wartawan di PWI. Mereka juga menyinggung kasus kebun sawit di Pasaman Barat yang menjadi milik ratusan wartawan PWI Sumbar. Namun, tidak ada yang secara spesifik menyebut soal kasus PNS di PWI yang sebelumnya telah disinggung oleh Zulmansyah Sekedang.


Hujan Lebat Mengiringi Pemilihan


Hujan lebat yang mengguyur tidak menghalangi semangat para peserta KLB. Pemilihan berjalan lancar dan demokratis, mengantarkan Widya Navies dan Zul Efendi sebagai pemimpin baru PWI Sumbar. KLB ini tidak hanya menjadi ajang pemilihan, tetapi juga refleksi untuk masa depan organisasi wartawan tertua di Indonesia ini.


Penutup


KLB PWI Sumbar yang berlangsung sehari penuh ini menegaskan pentingnya integritas dan profesionalisme dalam tubuh organisasi. Dengan terpilihnya Widya Navies dan Zul Efendi, diharapkan PWI Sumbar mampu menjaga marwah organisasi dan meningkatkan kompetensi para anggotanya. Hujan lebat yang mengiringi kemenangan mereka seakan menjadi pertanda baik bagi masa depan PWI Sumbar.



**Afridon.


Posting Komentar

0 Komentar