Hujan Berkepanjangan Timbulkan Banjir Besar di Padangpariaman: 800 Rumah Terendam

Hujan deras yang mengguyur Padangpariaman sejak Kamis 7 februari 2024 sore hingga Jum’at 8 februaro 2024 siang


Padang Pariaman,Editor- 8 Februari 2024 - Hujan deras yang tak kenal lelah sejak Kamis sore telah mengakibatkan banjir hebat melanda 32 nagari di Padangpariaman, Sumatera Barat. Lebih dari 2958 jiwa warga terdampak, dengan 800 rumah terendam dan 10 hektar lahan pertanian tenggelam dalam genangan air.


Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Padangpariaman mencatat bahwa hampir seluruh kecamatan terdampak oleh banjir dan tanah longsor. Kerusakan pada infrastruktur seperti jalan dan jembatan juga terjadi akibat bencana ini.


Di tengah keprihatinan tersebut, Korong Lapau Jambu Nagari Sungai Durian Kecamatan VII Koto Patamuan menjadi saksi tragis dari kekuatan alam, dengan 2 korban jiwa dan 2 luka-luka akibat longsor. Upaya pencarian masih dilakukan untuk menemukan korban lainnya.


Bupati Padangpariaman, Suhatri Bur, turun langsung ke lokasi bencana untuk memantau kondisi warganya dan memberikan imbauan kepada masyarakat agar tetap waspada. "Saya mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap potensi bencana alam, terutama pada musim hujan," ujarnya.


Tim darurat yang terdiri dari berbagai instansi dan relawan telah dikerahkan untuk melakukan evakuasi dan penanganan terhadap korban dampak bencana alam ini. Di antara mereka adalah BPBD Padangpariaman, Dinas Kesehatan, Dinas PUPR, SatPol PP dan Damkar, serta relawan dari PMI dan LA Rafting. Semoga bantuan segera sampai kepada mereka yang membutuhkan.



**Afridon

Posting Komentar

0 Komentar