Menkominfo Beri Bocoran, Projo Deklarasi Dukung Capres P Di Rakernas 14 Oktober


Jakarta  Editor - Ketua Umum Relawan Pro Jokowi atau Projo yang juga Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menyebut akan menjatuhkan dukungan kepada bakal capres berinisial P. Dukungan itu akan dideklarasikan saat Rakernas Projo 14-15 Oktober 2023.


Kendati demikian, Budi Arie Setiadi enggan menyebut siapa bacapres inisial P yang dimaksud tersebut.


"Iya, siapa yang kita dukung akan diumumkan tanggal 14," ujar Budi Ari di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (9/10/2023).


"Jadi Pak P ya nanti. Calon yang kita dukung adalah Pak P," sambung dia.


Menurut Budi, dalam acara Rakernas Projo itu, akan mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) serta Menhan yang juga Ketum Gerindra, Prabowo Subianto.


Lokasi Rakernas Projo akan digelar di Indonesia Arena, GBK.


"Sabtu tanggal 14 kan kita rakernas. Sabtu kan rakernas. Pak Presiden akan hadir akan membuka tanggal 14,"


"(Prabowo) iya kita undang," ucap Budi.


Sementara itu, terkait bakal cawapres, Budi menyebut bahwa Projo akan menyerahkan kepada bakal capres yang didukungnya nanti.


"Cawapres pokoknya kita ikut sajalah. Terserah pak capres maupun, dan juga Pak Jokowi gimana dan partai-partai. Kan semua bicara. Karena kan ini urusan bangsa dan negara. Kan lebih baik banyak yang diajak ngomong kan dibanding satu, dua," ujar Budi Arie Setiadi.


Sebagaimana diketahui, saat ini terdapat tiga nama bacapres yang menguat dan sudah mendapatkan dukungan dari masing-masing parpol maupun relawan. Mereka adalah Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.


Jika dilihat dari dukungan sembilan parpol di Senayan, Prabowo mendapatkan suara dan perolehan kursi paling banyak. Ia meraih dukungan dari Gerindra, Golkar, PAN, dan Demokrat, sehingga Prabowo memperoleh total 261 kursi.


Sementara untuk parpol non parlemen, Prabowo didukung oleh PBB, Gelora, dan Garuda.


Selanjutnya, bacapres yang mendapatkan perolehan kursi kedua terbanyak adalah Anies Baswedan.


Anies saat ini didukung oleh parpol parlemen NasDem, PKB, dan PKS. Total, Anies mendapatkan 167 perolehan kursi.


Anies juga mendapatkan dukungan dari parpol non parlemen yakni Partai Ummat melalui hasil Rakernas I pada Februari 2023 lalu.


Kemudian, bacapres yang memperoleh kursi paling sedikit adalah Ganjar Pranowo. Ganjar mengantongi 147 kursi dari dukungan parpol parlemen PDIP dan PPP.


Hanya saja, PDIP adalah satu-satunya parpol yang bisa mengusung paslon capres dan cawapres tanpa harus berkoalisi. Dalam koalisi, mereka juga mendapatkan dukungan dari parpol non parlemen, yakni Hanura dan Perindo.


Sementara itu, parpol peserta Pemilu 2024 yang belum menentukan dukungan secara resmi adalah PKN, Partai Prima, Partai Buruh dan PSI



**

Posting Komentar

0 Komentar