Bertemu Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub RI, Wali Kota Pariaman Genius Umar Usulkan Revitalisasi Terminal Jati


Wali Kota Pariaman Genius Umar bertemu Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub RI, Budi Setiyadi.


Padang,Editor - Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman mengusulkan ke Kementerian Perhubungan revitalisasi Terminal Tipe A Jati Pariaman dan pembangunan pelabuhan penyeberangan dari Kota Pariaman ke Mentawai dengan lokasi penempatan di Desa Pasir Sunur.

Usulan terkait dua kawasan sektoral lalu lintas tersebut diajukan dalam rangka meningkatkan nilai ekonomi masyarakat Kota Pariaman.

"Jika pelabuhan penyeberangan dan terminal ini direvitalisasi dan dibangun, dengan strategisnya posisi Kota Pariaman dalam Provinsi Sumatera Barat, maka akan mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat Kota Pariaman,” ujar Wali Kota Pariaman Genius Umar, Rabu (2/3/2022),

Ia menyampaikan rencana tersebut di hadapan Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub RI, Budi Setiyadi.

Genius mengungkapkan, Terminal Tipe A Jati Pariaman merupakan kewenangan Pemerintah Pusat melalui Kemenhub RI, namun hal itu dikroscek kembali oleh Dirjen melalui Balai Perhubungan Darat di Padang.

Wako Pariaman tersebut mengungkapkan, Pemko Pariaman akan mendukung pembangunan dan penataan kembali kawasan Terminal Jati, sehingga menghidupkan kembali aktivitas masyarakat, termasuk jasa industri dan pariwisata.

Dirjen Perhubungan Darat mengapresiasi usulan tersebut, karena merupakan bagian tugas penting pemerintah pusat dengan dukungan pemerintah daerah dalam upaya pemulihan ekonomi masyarakat di tengah situasi pandemi.

Kemudian, Budi menyatakan kesiapannya untuk pembangunan revitalisasi terminal Tipe A Jati Pariaman di tahun 2023 mendatang, serta pembangunan pelabuhan penyeberangan Pariaman-Mentawai dengan luas 1 Ha yang akan menelan anggaran Rp200 miliar.

"Tentunya nanti kita laporkan terlebih dahulu ke Menteri Perhubungan RI, dan siap untuk kita lakukan survei lokasi, guna kelengkapan persiapan pembangunan," pungkas Budi.


** Afridon

Posting Komentar

0 Komentar