Pemprov Sumbar Siapkan Rp137 Miliar untuk Perbaikan Jalan di Tanah Datar


Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) telah mengumumkan alokasi dana sebesar Rp137 miliar untuk perbaikan beberapa ruas jalan di Kabupaten Tanah Datar yang rusak. 


Padang ,Editor – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) telah mengumumkan alokasi dana sebesar Rp137 miliar untuk perbaikan beberapa ruas jalan di Kabupaten Tanah Datar yang rusak. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumbar, Medi Iswandi, mengatakan bahwa keputusan ini diambil setelah Gubernur Sumbar, Mahyeldi, melakukan peninjauan langsung ke lokasi yang terdampak.


Menurut Medi, beberapa ruas jalan yang akan diperbaiki mencakup Jalan Ombilin-Batusangkar dengan alokasi Rp20 miliar, yang kini sedang dalam proses pengerjaan. Selain itu, ruas jalan Sawahlunto-Pagaruyung akan segera diselesaikan dengan dana darurat sebesar Rp1,5 miliar.


Proyek besar lainnya adalah perbaikan Jalan Halaban-Lintau-Sitangkai, yang mendapatkan alokasi dana sebesar Rp98 miliar dan saat ini tengah dalam tahap tender oleh Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Sumbar.


Lebih lanjut, Medi menjelaskan bahwa perbaikan Jalan Baso-Piladang–Batusangkar akan dibiayai dari sisa tender Inpres Jalan Daerah (IJD) Piladang dengan anggaran tambahan yang diharapkan dari APBD Perubahan tahun 2024.


Dalam rangka penguatan infrastruktur, Pemprov Sumbar juga telah mengalokasikan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) sebesar Rp17,5 miliar kepada Pemkab Tanah Datar, yang diharapkan dapat dimanfaatkan sepenuhnya sebelum Agustus tahun ini.


Pemprov Sumbar bersama Pemkab Tanah Datar juga sedang merencanakan peningkatan jalan alternatif Lubuak Mato Kuciang-Pandai Sikek untuk mengatasi kemacetan yang sering terjadi di pasar Koto Baru, dengan rencana pelaksanaan pada tahun 2025.


**  Afridon





Posting Komentar

0 Komentar