BNPB - Pemda Padang Pariaman Bersiap Sambut Hari Kesiapsiagaan Bencana 2024

Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur dan didampingi oleh Sekretaris Daerah Rudy Repenaldi di Kantor Bupati Padang Pariaman, Kawasan IKK Paritmalintang pada Jumat, 16 februari. 2024

 


Padang Pariaman, Editor - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama Pemerintah Daerah Padang Pariaman tengah mempersiapkan diri menyambut peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) tahun 2024 dengan serangkaian langkah yang telah diambil.


Deputi Bidang Pencegahan BNPB, Prasinta Dewi, dan Direktur Kesiapsiagaan BNPB, Pangarso Suryotomo, melakukan kunjungan ke Kantor Bupati Padang Pariaman untuk berdiskusi dan merencanakan acara HKB 2024. Kunjungan ini direspon positif oleh Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur, yang menyatakan kesiapan Kabupaten Padang Pariaman sebagai tuan rumah peringatan puncak HKB 2024.


Kabupaten Padang Pariaman dipilih sebagai tuan rumah karena lokasinya yang rawan terhadap bencana gempa megathrust Mentawai dan tsunami. Hal ini membutuhkan perhatian khusus dalam meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dan pemerintah daerah.


Dalam penjelasannya, Prasinta menyebutkan bahwa penyelenggaraan HKB adalah upaya bersama pemerintah pusat dan daerah untuk meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat melalui pengetahuan dan keterampilan dalam penyelamatan diri dan evakuasi mandiri.


Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur, menyampaikan kesediaan pemerintah daerah dan masyarakat untuk mendukung penyelenggaraan HKB 2024 di Kabupaten Padang Pariaman.


Drs. Pangarso Suryotomo, Direktur Kesiapsiagaan BNPB, menjelaskan bahwa HKB bertujuan untuk menghadirkan praktik baik masyarakat dalam menghadapi bencana. Salah satu rangkaian acara HKB 2024 adalah sarasehan masyarakat pesisir pantai untuk membangun ketangguhan di wilayah rawan gempa tsunami.


Setelah audiensi dengan Bupati Padang Pariaman, BNPB bersama BPBD Provinsi Sumatera Barat melakukan survei lokasi kegiatan dan rapat koordinasi teknis untuk persiapan penyelenggaraan HKB 2024.


Dalam pertemuan tersebut, hadir juga segenap jajaran BPBD Padang Pariaman serta perwakilan BPBD Provinsi Sumatera Barat.


**  Afridon


Posting Komentar

0 Komentar