Dinkes Kota Pariaman Nazifah Gelar Lomba Sosialisasi Pencegahan Penyakit Tidak Menular



 

Kadis Kesehatan Kota Pariaman, Nazifah 

Pariaman, Editor – Dinas Kesehatan Kota Pariaman menggelar lomba sosialisasi Pencegahan dan Pengendalian PTM (Penyakit Tidak Menular), antar Puskesmas. Lomba ini, sekaligus merupakan kampanye PTM tingkat Kota Pariaman untuk tahap pertama, diikuti oleh kader PTM atau Kader Pos Binaan Terpadu (POSBINDU) Desa dan Kelurahan yang ada di Kota Pariaman, di halaman Kantor Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Sabtu (25/9/2021 )

Kadis Kesehatan Kota Pariaman, Nazifah mejelaskan lomba ini sebagai upaya untuk meningkatkan SDM serta kecakapan para kader, agar dapat lebih memahami dan menguasai materi tentang bagaimana untuk mencegah dan mengendalikan PTM di desa/kelurahanya nanti.

Adapun tema tang diangkat dalam lomba PTM tingkat Kota Pariaman adalah “Cegah dan Kendalikan PTM sebagai Komorbit Covid-19, dengan CERDIK dan Patuh”.

Nazifah menyebutkan, tingginya tingkat kematian pasien Covid-19 masih tinggi di Kota Pariaman . Penyebabnya, sebagian besarnya adalah karena Komorbit (penyakit penyerta) yang dideritanya.

“Indonesia saat ini menghadapi pergeseran pola penyakit dari penyakit menular menjadi penyakit tidak menular. Kalau dulu PTM diderita para orang tua, tapi sekarang, trennya diderita generasi produktif di bawah umur 25 tahun. Tentu ini akan menjadi menjadi permasalahan dikemudian hari, karena indonesia akan mengalami bonus demografi pada 2040 mendatang,” jelasnya.

Sosialisasi PTM ini, mengundang narasumber Kamal Kasra, PHD, Asisten Ahli Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas (Unand) Padang.

Pada Lomba Sosialisasi PTM ini, keluar sebagai Juara Pertama Puskesmas Kampung Baru Padusunan, atas nama kader Yolanda Putri Yohanes (Kader Desa Kp Gadang). Juara II oleh Puskesmas Pariaman, atas nama Rum Sari (Kader Desa Rawang) dan Juara III oleh Puskesmas Naras, atas nama Weni (Kader Desa Sei Rambai).

Untuk Harapan I diperoleh Puskesmas Kuraitaji, atas nama Ayu Mayasari (Kader Desa Rambai), Harapan II oleh Puskesmas Sikapak, atas nama Yulia Kasyahnova (Kader Desa Tungkal Selatan), Harapan III oleh Puskesmas Marunggi, atas nama Rima Yuni (Kader Desa Padang Cakur) dan Harapan IV oleh Puskesmas Santok atas nama Yurlinawati (Kader Desa Kp Tangah).

Selain mendapatkan hadiah yang telah disiapkan, panitia juga menyiapkan banyak door price untuk para peserta yang datang. 


** Afridon

Posting Komentar

0 Komentar